Mitra Jasa Legalitas- Ide usaha yang menjanjikan dengan modal minim seringkali dijadikan pembahasan paling relevan untuk kalangan anak muda jaman sekarang. Hal ini karena, untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian mereka terhadap perkembangan teknologi yang menyasar bidang industri bisnis. Salah-satunya dengan hadir inovasi usaha terbarukan mengenai bisnis modal kecil tetapi cukup menjanjikan.

Usaha tersebut tentu cocok dilakukan oleh para anak muda yang masih pemula dan memiliki ketertarikan di bidang bisnis. Berbekal keberanian untuk mempelajari dan mempraktekan langsung bisnis modal kecil yang menjadi tren usaha kaum milenial. Apakah Anda juga tertarik untuk mencobanya? Cari tahu ide usahanya di sini!

Ide Usaha yang Menjanjikan Minim Modal

Ide usaha minim modal yang cukup menjanjikan pada umumnya dijalankan secara rumahan. Sehingga pemilik mendapat fleksibilitas mengatur pemasukan dan pengeluaran sendiri. Termasuk mempunyai hak untuk menyusun jam masuk dan pulang kerja personal. Adapun ide usaha yang menjanjikan tersebut diantaranya :

1. Usaha Jastip atau Jasa Titip

Usaha jastip atau jasa titip merupakan ide bisnis pertama dalam pembahasan kali ini yang cukup menjanjikan. Dengan modal yang tidak terlalu besar, Anda dapat mencoba usaha jastip yang menyesuaikan agenda pribadi dan kebutuhan pasar. Dimana keuntungan yang didapat dari usaha jasa titip ini berasal dari persentase pembelian barang titipan.

Usaha jastip memang masih terbilang baru di Indonesia, tapi seiring perkembangan teknologi dan media sosial, semakin marak juga orang yang mengenal dan mau mencoba bisnisnya. Sementara jenis untuk usaha jasa titip sendiri pun beragam. Mulai dari jasa titip dari luar negeri hingga jastip barang-barang di kota besar Indonesia.  Seperti kosmetik, makanan, furniture, pakaian, hingga mainan anak.

Target pasar dan promosi adalah dua aspek yang menjadi kunci kesuksesan dari usaha minim modal satu ini. Contohnya apabila tertarik mendirikan usaha jasa titip barang branded, maka target pasar Anda yang harus ditarik perhatiannya yakni kalangan elit. Jangan lupa lakukan promosi usaha jasa titip Anda dan pastikan memiliki sikap yang mampu menarik simpatis kepercayaan konsumen.

2. Dropshipper

Ide usaha yang menjanjikan minim modal berikutnya adalah dropshipper. Anda bisa mencoba menjalankan usaha sebagai dropship untuk menggunakan dana yang ada dan menjaga aspek maintenance pada bisnis. Peranan menjadi seorang penjual sekaligus pembeli suatu produk.

Sistem kerja dropshipper membuat Anda harus membeli sesuatu berdasarkan pesanan pelanggan. Dalam menjalankan usaha modal kecil dropshipper Anda tentu membutuhkan informasi produk dari supplier yang bisa dibagikan kepada para konsumen. Apabila nanti ada pesanan, Anda juga hanya perlu meneruskannya kepada supplier produk tersebut.

3. Bisnis Camilan atau Makanan Ringan

Camilan atau makanan ringan termasuk bisnis yang dapat Anda coba jalankan hanya dengan modal minim. Mengingat target pasar makanan ini pun cukup luas. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, baik itu pelajar maupun pekerja  yang tentunya menyukai makanan ringan untuk camilan dikala melakukan aktivitas.

Usaha makanan ringan tidak perlu berpatokan pada jenis camilan yang memerlukan bahan mahal. Cukup camilan berbahan dasar seperti singkong, kentang ubi, dan lainnya juga banyak diminati oleh orang-orang. Buat camilan keripik singkong, kentang, ubi, atau lainnya dengan beraneka rasa.

Contohnya : Membuat 200 bungkus keripik yang membutuhkan bahan dasar sekitar 8-10 kg sesuai pesanan. Kemudian olah dan beri berbagai macam bumbu pada keripik tersebut. Setelahnya jual krip kepada karyawan swasta atau pelajar untuk mulai menjajakan dagangan Anda. Perkiraan untuk memulai usaha ini tidak sampai mencapai 10 juta.

4. Bisnis Waralaba atau Franchise

Bisnis waralaba atau franchise hampir sama seperti dropshipper yang mana mengandalkan partner untuk dapat menjalankannya. Hanya saja sistem waralaba atau franchise membutuhkan kerjasama atau kemitraan dengan perusahaan yang produknya sudah dikenal luas. Berbeda dengan dropshipper yang mana Anda bisa berpartner bersama supplier manapun.

Usaha franchise ini memiliki peluang bisnis yang cukup berpotensi. Dimana Anda hanya perlu menjual produk yang terkenal tanpa ikut memasarkan dan biasanya lebih cepat mendatangkan pembeli. Selain itu, sebenarnya bisnis waralaba ini pun sudah berkembang lama, tetapi sebagian orang masih beranggapan membutuhkan modal yang cukup besar 

Sehingga tidak jarang diantara mereka lebih memilih untuk tidak mencobanya. Padahal kenyataan bisnis waralaba dapat dimulai dari modal kecil dan pastinya tidak hanya berpatok pada makanan saja. Kini sudah ada franchise lain seperti jasa laundry, gas, jastip barang, hingga tambal ban. Menjalankan usaha franchise Anda perlu melihat jeli peluang dan memilih jenis bisnis seperti apa yang cocok untuk dijadikan mitra.

5. Bisnis Kaos Pre Order

Industri fashion merupakan salah-satu sektor usaha yang selalu mengalami perkembangan tren dan tidak pernah mati di pasaran. Namun, perlu Anda ketahui untuk bisa membuka bisnis pakaian biasanya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Oleh karena itu, jika Anda hendak memulai bisnis pakaian mulailah terlebih dahulu dari skala kecil dengan berjualan kaos secara pre order.

Anda dapat memulai mengembangkan bisnis kaos pre order menggunakan dana yang relatif kecil. Dimana sistem pre order juga akan memberi keuntungan tersendiri, karena Anda tidak perlu menyetok barang yang belum ada kejelasan konsumen. Sistem pre order membuat Anda bisa memproduksi kaos sesuai pesanan dan menekan biaya serendah mungkin.

Selain itu, Anda jadi bisa menetapkan batas minimal pemesanan untuk naik produksi. Apabila dana produksi Anda belum cukup memadai untuk melakukan pembuatan barang secara banyak.

5 jenis ide usaha yang menjanjikan dengan modal minim di atas merupakan beberapa rekomendasi bisnis yang bisa coba Anda jalankan. Berdasarkan minat dan peluang yang menurut Anda paling sesuai sesuai dengan kondisi dan potensi sekitar. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi kami di : 0821-3250-5553

mitrajasalegalitas@gmail.com