Mitra Jasa Legalitas- Bisnis digital menjadi salah satu usaha yang banyak dicoba oleh orang-orang, terutama bagi mereka yang memiliki kemampuan secara teknis dalam bidang tersebut. Hal tersebut, tentu didukung pula oleh teknologi yang semakin maju sehingga masyarakat pun menyambut positif atas hal tersebut.

Definisi Bisnis Digital

Usaha ini merupakan jenis bisnis yang mengandalkan teknologi dalam operasionalnya. Dimana teknologi digunakan untuk dapat menjangkau target market yang lebih luas, mendapatkan kata, memasarkan produk, bahkan sampai dengan dapat membuat produk. Adapun produk yang ditawarkan dalam bisnis ini dapat berupa jasa maupun barang.

Namun, para pelkau usaha pun perlu menyeimbankan dan beradaptasi dengan perubahan yang terkadang cepat berubahan. Sehingga tidak heran apabila beberapa toko konvensional akhirnya memutuskan untuk memasarkan produknya pun melalui website atau marketplace. Selain itu, persaingan di era digitalisasi ini pun memiliki persaingan yang cukup ketat.

Baik itu perusahan kecil, menengah, sampai dengan besar. Dalam mengatasi persaingan tersebut, Anda dapat meningkatkan pelayanan, memfokuskan target market, sampai dengan meningkatkan mutu produk. Dengan begitu, perusahan akan lebih unggul dibandingkan dengan produk yang diproduksi oleh perusahaan lainnya.

Jenis-jenis Bisnis Digital

Ada beberapa bisnis digital yang dapat Anda jadikan referensi sehingga nantinya, dapat memilih usaha mana yang sekiranya cocok. Baik dengan tujuan, kemampuan, peluang, bahkan minat Anda. Untuk jenis usaha nya sendiri adalah sebagai berikut!

1.      E-Commerce

Jenis ini merupakan platform bisnis yang digunakan untuk menjual sebuah produk yang diproduksi oleh perusahaan maupun brand. Misalnya, sebuah perusahaan A memproduksi sendiri produk kecantikan. Maka mereka membuat sebuah website untuk memudahkan para konsumennya belanja secara online.

Sehingga desain website, fitur yang ada di dalamnya, sampai dengan produknya akan disesuaikan dengan kebutuhan merek maupun perusahaan. Selain itu, kepemilikan bahkan pengelolaan dari website pun perusahan lakukan sendiri.  Sehingga tidak heran apabila, nama brand nya mirip atau bahkan sama dengan nama websitenya itu sendiri.

2.    Bisnis Digital:  Marketplace

Berbeda dengan  E-Commerce, bisnis digital satu ini menjadi wadah untuk para pelaku usaha lainnya dalam memasarkan produk di platformnya. Sehingga secara tidak langsung, hanya menyediakan wadah atau tempat saja dan produk nya pun beragam.

Dari mulai perabotan rumah tangga, elektronik, fashion, sampai dengan perhiasan.  Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi menyediakan produk untuk dipasarkan. Hanya saja memaksimalkan kinerja di website yang dibangunkannya supaya fitur-fitur yang ada didalamnya mudah dipahami oleh siapa saja.

Tidak hanya untuk pembeli saja, tetapi dapat juga digunakan dengan mudah oleh apra penjual saat memasarkan produk di marketplace yang perusahan bangun. Pihak pengelola platform biasanya mendapatkan keuntungan dari hasil presentasi produk yang berhasil laku di marketplace.

3.      Ad-Supported

Bisnis yang berbasi digital lainnya yang dapat Anda coba yaitu Ad-Supported dan memiliki peluang yang cukup bagus. Semakin banyak orang yang ingin memasang iklan dalam platform tersebut, maka keuntungan yang masuk ke dalam perusahan pun maka semakin tinggi.   Anda dapat membuat sebuah aplikasi  yang sekiranya memiliki banyak pengunjung.

Sehingga ketika orang-orang ingin memasarkan iklan di aplikasi atau website tersebut, mereka harus membayar terlebih dahulu sesuai dengan nominal yang telah ditentukan. Salah satu contoh dari bisnis digital jenis yaitu, aplikasi komik, aplikasi sosial media, dan lain sebagainya. Maka tidak heran, meskipun aplikasi gratis , tetapi pihak pengelola masih mendapatkan keuntungan.

4.    Bisnis Digital:   Subscription

Bisnis selanjutnya yang dapat Anda coba yaitu Subscription. Dimana bisnis ini merupakan aplikasi tertentu yang dapat konsumen nikmati dengan cara berlangganan. Untuk biaya layanan ini sendiri berbeda-beda, tergantung dari pihak perusahan itu sendiri.

Ada yang perbulan bahkan ada pula yang pembayarannya sekaligus yaitu setahun sekali. Setelah membayar langganan, semua fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut dapat customer gunakan dengan leluasa. Bahkan mendapatkan layanan spesial dibandingkan dengan member biasanya. Salah satu jenis bisnis ini yaitu Apple Music, Netflix, dan lain sebagainya.

Bisnis digital menjadi salah satu usaha dengan peluang yang bagus, tetapi perlu strategi yang matang dan dapat membaca kebutuhan pengguna atau target market dengan lebih dalam. Untuk mendapatkan perlindungan hukum, maka Anda dapat bekerjasama dengan Mitra Jasa Legalitas dalam membantu pengajuan pembuatan SIUP, Pendaftaran PT atau CV, dan lain sebagainya. Dengan adanya perlindungan hukum, maka bisnis yang Anda jalankan pun akan jauh lebih aman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi kami di : 0821-3250-5553

mitrajasalegalitas@gmail.com