Mitra Jasa Legalitas- Jasa NIB menjadi salah satu lembaga yang dapat kamu mintai tolong untuk dapat mengajukan beberapa dokumen yang bermanfaat. Dimana dokumen-dokumen tersebut nantinya dapat digunakan untuk mendapatkan perlindungan hukum. Sehingga operasional bisnis dapat berjalan dengan baik.

Definisi NIB 

Nomor induk berusaha ini sering digunakan sebagai identitas bagi pelaku usaha dan lembaga yang menerbitkan NIB  yaitu lembaga pemerintah. Adapun namanya yaitu OSS atau dikenal juga sebagai Online Single Submission. Untuk nomor nya sendiri biasanya  tercantum  13 angka dan angkanya sendiri terbilang acak dengan keamanan dan tanda tangan elektronik.

Tidak hanya menjadi identitas, nomor induk berusaha pun memiliki beberapa fungsi antara lain yaitu menjadi Tanda Daftar Perusahaan, Akses Kepabeanan, dan Angka Pengenal Impor atau API. Bahkan sering pula dijadikan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan SIUP maupun sertifikat halal.

Anda dapat menggunakan Mitra Jasa Legalitas untuk membantu memperoleh nomor induk berusaha untuk bisnis yang dikelola. Tidak hanya itu saja, nantinya Anda akan dibantu oleh tenaga ahli profesional sehingga kredibilitas yang dimiliki pun cukup tinggi. Selain itu, Mitra Jasa pun menjadi salah satu lembaga layanan untuk urusan legalitas yang telah membantu banyak client.

Manfaatnya NIB Bagi bisnis

nomor induk berusaha bukan hanya berperan sebagai identitas saja, tetapi bisnis Anda pun mendapatkan perlindungan hukum dari pemerintah. Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya yang dapat memudahkan bisnis dapat beroperasi. Adapun antara lain adalah sebagai berikut!

1.     Perizinan Usaha Menjadi Lebih Cepat dan Mudah

Usaha yang telah memiliki Nomor Induk Berusaha, memakai a dapat memperoleh perizinan usaha menjadi lebih mudah. Bahkan kamu dapat memperoleh perizinan untuk usaha  dengan lebih cepat dibandingkan yang tidak memiliki Nomor Induk Berusaha. Hal ini karena nomor induk tersebut telah terintegrasi pada lembaga perizinan lainnya.

Dengan demikian secara tidak langsung, untuk memperoleh NPWP, Izin komersial, BPJS, dan perizinan lainnya dapat dilakukan dengan mudah. Tidak hanya itu saja, mendapatkan Surat Pengesahan Penggunaan tenaga Kerja Asing (RPTKA), dan lain sebagainya dapat diperoleh dengan waktu yang terbilang cepat.

2.     Memisahkan Aset pribadi dengan Perusahaan

Mendapatkan nomor induk untuk bisnis dapat membantu Anda untuk memisahkan aset yang dimiliki secara pribadi dengan perusahaan. Apabila terjadi sesuatu pada perusahaan, aset pribadi tidak dapat disita untuk melunasi hutang bisnis.  Terkecuali, jika hutang perusahaan tersebut Anda pinjam untuk kebutuhan pribadi. Dengan begitu, aset Anda akan aman dari risiko keuangan maupun hukum tertentu.

3.     Manfaat NIB: Pembiayaan Ekuitas

Memiliki nomor induk berusaha juga ternyata dapat menarik kepercayaan para investor dengan jauh lebih mudah dibandingkan tidak memilikinya. Hal ini karena para investor cenderung melakukan investasi pada perusahaan yang sudah terdaftar dengan resmi.

Sehingga resiko yang mereka miliki pun jauh lebih rendah.  Selain itu, dengan adanya nomor induk berusaha, maka Anda pun dapat melakukan ekuitas untuk mendapatkan modal atau dana untuk operasional bisnis. Dimana hal ini melibatkan pemodal ventura, investor, dan pemegang saham.

Pembiayaan dengan Ekuitas ini sendiri cenderung menguntungkan karena dana atau modal yang terkumpul tidak menimbulkan bunga maupun piutang yang harus dibayar nantinya. Sehingga tidak heran, apabila hal ini banyak dipilih oleh orang-orang.

4.      Reputasi dan Prestise

Memiliki nomor induk berusaha bukan hanya pajangan semata, tetapi dapat membantu bisnis Anda untuk memiliki kesan bertanggung jawab dan berkomitmen seusia hukum yang berlaku. Dengan tingkatan reputasi yang baik, maka hal tersebut dapat membuat kredibilitas perusahaan pun menjadi naik. Baik dimata investor, supplier/ penyedia bahan, pekerja, dan konsumen.

Proses Pendaftaran NIB Secara Umum

Meskipun memiliki nomor induk berusaha memberikan dampak baik untuk berjalannya bisnis, tetapi dalam pembuatannya ada beberapa prosedur yang perlu Anda ikuti. Untuk tahapannya sendiri adalah sebagai berikut!

  • Masuk ke situs OSS (Online Single Submission)
  • Kemudian klik Daftar, untuk membuat akun
  • Setelah itu, sialah semua data yang diminta pada halaman tersebut
  • Jika sudah selesai, maka saatnya aktivasi akun melalui email yang sama saat Anda mendaftarkannya.
  • Masuklah kembali ke Situs OSS dengan memasukan username atau email beserta password yang telah Anda buat.
  • Jika berhasil masuk, klik dasbor dan klik Perizinan Mikro dan klik Pengajuan baru.
  • Setelah itu, lengkapi data perusahaan dengan lengkap, dari masalah nama usaha, sektor, kegiatan/ bidang usaha, sarana dan prasarana, alamat bisnis, jumlah pegawai, dan lain sebagainya.
  • Apabila telah terisi, sebaiknya Anda mengecek data yang dimasukan sudah sesuai dan benar
  • Jika yakin, maka klik Simpan Data
  • Unduh nomor induk berusaha yang telah jadi. Untuk caranya sendiri, Anda tinggal klik Simpan dan Lanjutkan.
  • Kemudian, pilih Data Usaha dan tekan Proses nomor induk berusaha
  • Selanjutnya, Anda hanya tinggal mengikuti semua prose penerbitan nomor induk berusaha sampai dengan selesai

Dalam memilih Jasa NIB untuk membantu pembuatan nomor induk berusaha, maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Antara lain yaitu memiliki tenaga ahli profesional, mendapatkan feedback dari para murid, memiliki kredibilitas tinggi, dan lain sebagainya. Adapun manfaat dari nomor induk berusaha yaitu mendapatkan perlindungan hukum, reputasi menjadi lebih baik, dan lain sebagainya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi kami di : 0821-3250-5553

mitrajasalegalitas@gmail.com