Jasa pengurusan ISO 22000 dibutuhkan perusahaan untuk mendapatkan akreditasi serta meningkatkan kredibilitas di mata konsumen. Jasa pembuatan ISO ini khususnya dibutuhkan bagi perusahaan yang bergerak di bidang pangan.

Saat ini ada banyak jasa sertifikasi ISO 22000, tetapi perusahaan harus tetap waspada dalam memilih supaya sertifikasi yang didapatkan tidak asal. Jika salah memilih, bisa-bisa sertifikasi yang didapatkan tidak sesuai dengan ketentuan resmi.

Hal tersebut tentunya akan sangat mempengaruhi kepercayaan dari konsumen. Jadi, percuma jika perusahaan memilih jasa yang tidak kredibel. Itulah mengapa perusahaan harus waspada dan teliti sebelum menggunakan jasa kepengurusan ISO.

Mengenal ISO 22000

ISO 22000 adalah salah satu sistem manajemen mutu yang digunakan sebagai penilaian atau sertifikasi dalam industri pangan. Secara khusus, ISO 22000 melihat bagaimana sistem keamanan yang dioperasikan pada perusahaan pangan.

Perusahaan yang lulus dan mendapatkan sertifikat ISO 22000 terbukti mengikuti ketentuan dalam standar internasional industri pangan. Mengapa perusahaan membutuhkan sertifkat tersebut? Alasannya, tentu saja untuk meningkatkan kredibilitas di mata konsumen.

Perusahaan yang telah lulus sertifikasi ISO 2000 tentu saja mampu menarik lebih banyak lagi konsumen. Sebab, keamanan adalah hal paling utama dalam industri pengolahan pangan. Kualitas perusahaan juga akan semakin dikenal oleh publik.

Ketentuan Resmi Pada ISO 22000

Agar tidak salah memilih jasa pengurusan ISO 22000, perusahaan wajib mengetahui ketentuan resmi yang digunakan sebagai penilaian sertifikasi. Ketentuan berikut ini juga menjadi penilaian agar perusahaan lulus sertifikasi:

1. Manajemen Sistem

Penilaian manajemen menjadi ketentuan paling utama yang dilihat oleh jasa pengurusan ISO. Perusahaan wajib memiliki manajemen yang tertata dengan rapi agar bisa lulus akreditasi. Hal ini juga sesuai dengan ketentuan dalam ISO 9001.

Jadi ketika anda menemukan jasa sertifikasi yang mengabaikan penilaian manajemen sistem, maka jasa tersebut patut diwaspadai. Hal ini dikarenakan manajemen sistem dalam ISO menjadi poin yang dianggap paling penting.

Karena ISO 2200 mengutamakan penilaian dalam hal keamanan, maka perusahaan sebaiknya menata kembali sistem keamanan yang efektif agar lulus sertifikasi. Sistem keamanan yang efektif meliputi keamanan pangan serta keamanan dalam proses produksinya.

2. Prinsip Komunikasi

Selain manajemen sistem, prinsip komunikasi dalam internal perusahaan dan komunikasi dengan konsumen juga menjadi ketentuan resmi dalam ISO 22000. Komunikasi internal meliputi proses produksi yang terpadu.

Prinsip komunikasi dalam produksi pangan, mulai dari proses pemasokan bahan baku hingga ke tangan konsumen harus saling terkait. Penilaian dalam prinsip komunikasi perusahaan juga dianggap krusial karena jika komunikasi tidak berjalan efektif bisa berakibat fatal.

3. Prasyarat Dasar

Prasyarat dasar yang menjadi penilaian dalam ISO 22000 yaitu meliputi prinsip analisis bahaya dan pengendalian titik kritis. Analisis bahaya dianggap sebagai hal paling penting dalam manajemen keamanan pangan.

Perusahaan harus memiliki sistem analisis yang efektif jika ingin lulus sertifikasi. Selain itu, analisis bahaya juga dapat menjadi rujukan atau referensi dalam mengambil tindakan yang paling efektif ketika terjadi potensi bahaya.

Adapun, bahaya yang mungkin muncul yaitu dalam rantai pangan dan hingga bahaya pada fasilitas perusahaan yang digunakan dalam proses produksi. Dalam analisis bahaya, perusahaan juga harus memiliki langkah pencegahan dan penyelesaian masalah.

Jasa pengurusan ISO 22000 bertujuan untuk menilai sistem keamanan dalam perusahaan atau industri pangan. Jika ingin mendapatkan sertifikat ISO 22000, maka perusahaan harus memenuhi 3 ketentuan di atas dan menyesuaikannya dengan standar internasional.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi kami di : 0821-3250-5553

mitrajasalegalitas@gmail.com