Jasa pengurusan OHSAS 18001 sangat penting bagi perusahaan yang ingin meningkatkan kredibilitas dalam hal kesehatan dan keselamatan kerja. Selain itu, sertifikat OHSAS 18001 juga penting jika untuk mendapat penilaian baik dari klien dan konsumen.

OHSAS adalah standar internasional mengenai sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja. Standar ini seharusnya diterapkan bagi setiap perusahaan untuk menunjukan kepedulian terhadap keamanan akan potensi bahaya di lingkungan kerja.

Organisasi atau perusahaan yang telah lulus sertifikasi OHSAS 18001 sudah pasti memiliki struktur manajemen kesehatan dan keselamatan kerja yang terorganisir. Tak hanya itu, kebijakan mengenai K3  dan analisis bahaya juga dinilai dalam sertifikasi.

Mengenal OHSAS 18001

Sebelum Anda memutuskan untuk mengikuti sertifikasi, memang lebih baik memahami terlebih dahulu apa itu OHSAS 18001. Sertifikasi ini merupakan standar internasional dalam penerapan manajemen kesehatan dan keselamatan kerja.

Tujuan OHSAS 18001 tak lain adalah untuk mengantisipasi segala potensi risiko dan bahaya yang mungkin terjadi di lingkungan kerja. Perusahaan yang memiliki lebih dari 100 pekerja wajib mengikuti sertifikasi karena potensi bahayanya yang sangat tinggi.

Selain itu, OHSAS 18001 juga sangat penting bagi perusahaan yang beroperasi dengan tingkat bahaya yang tinggi. Misalnya seperti industri dengan mesin dan peralatan produksi yang bisa membahayakan para pekerja.

Manfaat OHSAS 18001

Sertifikasi OHSAS 18001 tentunya memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Jika perusahaan Anda ingin mendapatkan sertifikat OHSAS 18001, ada baiknya mengetahui apa saja manfaat yang akan didapatkan. Untuk lebih jelasnya, simak poin-poin berikut:

1. Melindungi Pekerja

Karena sertifikasi dalam OHSAS 18001 menjamin sistem kesehatan dan keselamatan kerja, maka perusahaan yang telah mendapatkan sertifikat terbukti mampu melindungi pekerja. Hal ini tentunya dapat mendongkrak kredibilitas perusahaan.

Oleh karena itu, jika ingin lulus sertifikasi, perusahaan wajib mengutamakan sistem K3 yang bagus. Ketika keselamatan pekerja sudah terlindungi, maka produktivitas pun akan meningkat sehingga menguntungkan perusahaan.

2. Meningkatkan Kepercayaan Klien dan Konsumen

Dengan memegang sertifikat OHSAS, perusahaan akan mendapatkan kepercayaan dari klien dan konsumen. Bagi perusahaan hal ini tentunya sangat menguntungkan karena dapat meningkatkan penjualan produk.

Jasa pengurusan OHSAS 18001 akan melakukan pengawasan dan penilaian secara ketat terkait dengan sistem kesehatan dan keselamatan kerja yang diterapkan oleh perusahaan. Jadi, pastikan perusahaan Anda telah memiliki sistem yang baik.

3. Menunjukkan Pada Publik Bahwa Perusahaan Patuh Pada Peraturan Pemerintah

Perusahaan yang telah lulus sertifikasi OHSAS 18001 juga bisa menjadi bukti bahwa perusahaan telah patuh pada peraturan pemerintah. Sebab, pemerintah telah menetapkan kebijakan bahwa setiap perusahaan wajib lulus sertifikasi.

Kebijakan ini ditetapkan demi menjaga keamanan para pekerja selama berada di lingkungan kerja. Perusahaan yang tidak menerapkan sistem K3 dengan baik dan tidak melakukan sertifikasi OHSAS 18001 akan diberikan sanksi oleh pemerintah.

4. Terciptanya Sistem Manajemen yang Efektif

Dengan mengikuti ketentuan OHSAS 18001, secara tidak langsung perusahaan Anda akan memiliki sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja yang efektif. Sebab, ketentuan resmi OHSAS 18001 merujuk pada standar internasional.

Sistem OHSAS sebetulnya tak jauh berbeda dengan ISO di mana seluruh sistem manajemen harus didokumentasikan dengan baik dan tertata rapi. Ketika perusahaan memiliki dokumen yang lengkap, pengambilan keputusan dan tindakan akan lebih mudah.

Jika perusahaan Anda ingin menunjukkan komitmen terhadap kesehatan dan keselamatan kerja para karyawan, sebaiknya segera hubungi jasa pengurusan OHSAS 18001. Semoga artikel ini membantu Anda dalam memahami OHSAS 18001

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi kami di : 0821-3250-5553

mitrajasalegalitas@gmail.com