Mitra Jasa Legalitas- Ruko 2 lantai menjadi salah satu opsi terbaik untuk Anda pilih, jika ingin membangun usaha yang lumayan besar atau bahkan hanya sekedar menyewakan. Ada beberapa inpirasi ruko yang saat ini dapat Anda lihat sangatlah beragam. Mulai dari desain klasik hingga modern, sehingga tidak jarang banyak orang  yang kadangkala kebingungan memilih type ruko seperti apa. Apalagi jika sudah mempertimbangkan segala hal kemungkinan dari ruko yang ingin difungsikan sebagai tempat usaha.

Seperti keterbatasan lahan atau tidak memungkinkan untuk melakukan renovasi total yang akan berdampak pada area parkir. Sehingga seringkali kebanyakan dari mereka lebih memilih ruko berlantai 2 dengan desain kekinian. Selain itu, ruko dengan type 1 lantai memiliki sifat yang lebih fungsional dalam menyediakan cukup banyak ruang untuk kebutuhan usaha.

Inspirasi Desain untuk Ruko 2 Lantai

Adapun inspirasi desain untuk ruko 2 lantai yang dapat menjadi referensi bagi Anda diantaranya. Meliputi bentuk arsitektur yang menampakkan sisi keeleganan dan keestetikan bangunan. Bukan hanya sekedar mengoptimalkan fungsi setiap ruang bangunan. Sebagaimana inspirasi desain berikut ini.

1. Desain Minimalis dengan Eksterior Modern

Inspirasi desain ruko dua lantai yang dapat menjadi pertimbangan pertama bagi Anda adalah gaya minimalis dengan eksterior modern. Tampilan eksterior ruko yang ciamik tidak jarang menjadi nilai plus tersendiri. Dimana hal itu dapat membuat orang-orang merasa penasaran dan tertarik untuk masuk.

Desain eksterior ruko yang menawan salah-satunya tercipta dari pemilihan material senada. Contohnya material kayu, metal hingga batu alam yang dapat Anda pilih ketika ingin merepresentasikan karakter jasa atau barang dari ruko. Namun, perlu Anda pahami bahwa pembuatan atau pembelian ruko minimalis juga harus memperhitungkan biaya.

Pastikan Anda cermat memperhitungkannya sesuai dengan kemampuan ekonomi. Caranya sebelum membuat desain Anda dapat melakukan analisa dampak terlebih dahulu. Lalu fungsi ruko yang menentukan nilai atau harga jual minimalis dibandingkan dengan beberapa bangunan di sekitarnya.

2. Desain Ruko Minimalis dengan Modern Kaca

Inspirasi untuk desain ruko berikutnya Anda dapat mengganti teralis ruko dengan kaca dalam menampilkan kesan minimalis. Hal ini karena, dampak dari teralis biasanya akan membuat ruko terkesan penuh dan kurang modern. Oleh karena itu, untuk menyiasati permasalahannya Anda bisa menggantikan dengan kaca dan pilihlah barang berkualitas baik dilengkapi keamanan toko seperti CCTV.

3. Desain Ruko Minimalis Modern dengan Area Parkir Luas

Salah-satu alasan yang menjadi pertimbangan orang-orang dalam memilih tongkrongan di tempat adalah adanya parkir memadai. Pasalnya mereka merasa bebas datang berkunjung tanpa takut tidak dapat parkir.

Apalagi sampai was-was karena mobil atau kendaraan takut diderek dishub sebab parkir bukan di tempat yang seharusnya.

4. Desain Minimalis Modern dengan Tema Warna-Warni

Desain ruko minimalis modern dengan tema warna-warni merupakan inspirasi gaya yang akan mudah Anda temukan di Singapura. Kesan bertema warna mengambil desain multikultural dari atap malayu lalu ubin dekorasi peranakan hingga fasad art deco tahun 50an.

5. Desain Ruko dengan Kanopi dan Balkon

Inspirasi gaya ruko dua lantai selanjutnya adalah desain dengan kanopi dan balkon. Gaya minimalis ruko yang satu ini bahkan sedang menjadi tren pilihan desain terbaik. Meski kebanyakan mengkolaborasikan dengan gaya lain seperti industrial atau Skandinavia. Contohnya ruko dengan tampilan depan yang sangat minimalis ditambah kanopi pada bagian depannya.

Bahkan Anda dapat menambahkan unsur yang mempertegas desain minimalis ruko dengan adanya batu alam pada fasad bangunan. Selain itu, balkon minimalis yang ada di lantai juga akan semakin memberi kesan keindahan pada ruko.

6. Desain Minimalis Modern

Inspirasi desain ruko keenam yang dapat Anda ketahui yaitu hanya bergaya minimalis modern. Dimana biasanya Anda dapat melihat bentuk desain ruko seperti ini di kota-kota besar. Ikon unik yang menjadi salah-satu bagian atau sorotan dari gaya minimalis modern terdapat pada keepikan bentuk kombinasi fasad berwarna.

7. Desain Ruko dengan Basement

Desain ruko dengan basement diperkirakan akan menjadi inspirasi tren yang akan terus berkembang di masa mendatang. Mengingat tidak sedikit banyak yang memilih kembali untuk tidak lagi berkunjung karena permasalahan basement. Oleh karena itu, sekarang sudah banyak desain ruko yang mulai menawarkan basement luas (ruang khusus).

8. Desain Tertutup

Inspirasi desain ruko dua lantai selanjutnya yang dapat Anda pertimbangkan adalah arsitektur bergaya tertutup. Pasalnya meskipun ruko memang sering difungsikan sebagai tempat usaha, tetapi tidak jarang juga digunakan menjadi tempat tinggal. Sehingga di antara mereka seringkali menginginkan tampilan ruko lebih tertutup dan private.

Salah-satunya ruko dengan penggunaan full dinding bata di sekeliling bangunan. Namun, agar tidak memberi stigma “kaku” pada desain pada bangunan tersebut, biasanya orang arsitektur menambahkan balkon kecil di area lantai atas. Memfungsikannya sebagai area bersantai dan pemanis bangunan, dengan tambahan kanopi permanen pada lokasi samping depan ruko untuk carport (area menaruh kendaraan pribadi).

9. Desain Minimalis dengan Atap

Desain minimalis ruko berlantai dua dengan atap merupakan inspirasi yang dapat Anda pertimbangkan berikutnya. Anda sendiri dapat menggunakan atap datar yang dicor pada pelana. Keuntungan dari penerapan atap pelana pada sebuah ruko ini diantaranya menghemat biaya pembangunan dan perlindungan ekstra.

Dengan demikian, itulah 9 pembahasan mengenai inspirasi desain ruko 2 lantai yang dapat menjadi pertimbangan Anda. Mulai dari desain dengan eksterior modern hingga minimalis yang beratap. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi kami di : 0821-3250-5553

mitrajasalegalitas@gmail.com