Mitra Jasa Legalitas- Usaha ramah lingkungan tidak hanya berfokus pada keuntungan, tetapi juga memiliki tujuan bagaimana cara memberi dampak bagi sekitar. Istilahnya sering disebut green business atau sociopreneur yang memiliki konsep menggunakan bahan berkelanjutan. Sebagai usaha yang memiliki motivasi untuk mengurangi emisi karbon melalui pengolahan bahan baku dan energi sehemat mungkin.

Konsep usaha tersebut belakangan ini semakin banyak mulai dipahami oleh orang-orang. Termasuk konsumen yang semakin aware terhadap produk sociopreneur atau green business. Namun tahukah Anda apa saja peluang usaha terkait bidang sociopreneur yang mungkin menarik minat? Simak pembahasannya berikut di bawah ini!

Ide Peluang Usaha Ramah Lingkungan

Dalam membangun suatu usaha yang ramah lingkungan secara otomatis Anda turut serta menjaga sekitar. Sebagaimana konsep dan tujuan dari sociopreneur sendiri yang memang memiliki pandangan bagi dampak berkelanjutan. Adapun ide peluang usaha yang dapat Anda coba jadikan inspirasinya antara lain :

1. Aksesoris dari Barang Bekas

Ide peluang usaha sociopreneur yang pertama bisa menjadi inspirasi bagi Anda adalah aksesoris dari barang bekas. Contohnya dompet dari kain perca atau flanel, bunga mati berbahan dasar botol plastik, kerajinan lukisan sisa potongan kayu, dan tas bahan batok kelapa. Bisnis yang satu ini sangat mengandalkan kreativitas dan daya imajinasi cukup luas.

2. Peralatan Makan Produk Sociopreneur

Ide peluang usaha ramah lingkungan selanjutnya yaitu peralatan makan produk sociopreneur. Jenis usaha yang mengalami tren akhir-akhir ini karena demand untuk barang-barang sejenis memang sedang sangat tinggi. Pembuatan barang berbahan dasar serat bambu yang berbeda dengan peralatan makan konvensional seperti biasanya.

3. Perkebunan Sayur dan Buah Organik

Perkebunan sayur dan buah organik merupakan ide usaha green business yang dapat Anda coba. Sebagai salah-satu peluang usaha organik yang terdengar cukup menjanjikan. Melalui proses yang tidak melibatkan pupuk dan komponen berbahan kimia sama sekali.

4. Usaha Reparasi dan Refurbishing Sepeda

Tren bersepeda mengalami lonjakan minat sejak pandemi beberapa tahun lalu. Membuat para pelaku usaha melihat kesempatan bisnis berkonsep sociopreneur dengan mengurangi penggunaan energi bahan bakar berbasis fosil. Melalui bisnis penyewaan sepeda atau reparasi dan refurbishing yang memiliki peluang cukup besar dalam menarik minat khalayak.

5. Furniture Secondhand

Furniture secondhand merupakan peluang usaha yang termasuk ke dalam jenis sociopreneur. Berdasarkan konsep ekonomi 3R (recycle, reduce, reuse) yang memanfaatkan barang bekas karena gaya hidup konsumtif orang-orang. Alhasil Anda dapat membuka jual beli furniture bekas yang sudah  mengalami perbaikan dan desain ulang. Menyesuaikan trend dan model terbaru bahan furniture.

6. Pengolahan Sampah dan Limbah Elektronik

Ide peluang usaha yang siapa tahu menjadi inspirasi bagi Anda adalah bisnis pengolahan sampah dan limbah elektronik. Kumpulkan semua sampah dan limbah elektronik yang sulit terurai kembali oleh alam. Kemudian bedakan setiap jenis sampah agar memudahkan  penjualannya kepada pihak yang sering mengolah. Seperti mengubah sampah menjadi berbagai hiasan atau produk inovatif yang baru.

7. Thrift Shop

Bisnis thrift shop atau pakaian bekas merupakan usaha sociopreneur yang yang tengah naik daun. Hal ini karena, adanya alasan untuk mendapat produk bagus tetapi dengan harga miring dan terjangkau. Bahkan bisnis thrift shop termasuk ke dalam contoh usaha yang ramah lingkungan karena bisa mengurangi limbah atau sampah tekstil.

8. Produksi Kompos

Produksi kompos termasuk usaha green business yang memiliki peluang cukup baik di pasaran. Mengingat semakin  banyaknya orang yang sadar pentingnya penggunaan kompos. Apalagi pembuatan kompos bisa dibuat dengan cukup mudah dan tidak terlalu merepotkan.

9. Produk Organik

Produk organik tidak hanya berlaku untuk jenis sayuran dan buah saja. Pasalnya ada beberapa ide green bisnis yang juga bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha menguntungkan.

Contohnya : produk handmade atau produksi rumahan dari tangan seperti tahu maupun tempe. Namun, rata-rata harga dari produk tersebut berada di atas produk serupa non-organik.

10. Jual Beli Curah atau Refill Tanpa Kemasan

Kebutuhan seperti sabun, shampoo, minyak goreng, dan lainnya yang berbentuk kemasan tentu akan menimbulkan tumpukan sampah. Dimana hal ini jauh dari konsep usaha sociopreneur yang justru memiliki tujuan bagaimana cara mengurangi emisi karbon tumpukan sampah. Oleh karena itu, untuk mengatasinya Anda dapat memulai bisnis dengan mekanisme isi ulang atau curah.

11. Produksi Tote Bag

Adanya peraturan terbaru pemerintah yang melarang penggunaan tas plastik bagi beberapa pusat perbelanjaan. Membuat para konsumen mau tidak mau harus beralih menggunakan tote bag atau tas belanja dari berbagai bahan. Oleh karena itu, peluang bisnis tote bag dipercaya memiliki prospek yang bagus untuk dapat Anda coba.

12. Bisnis Bank Sampah

Bisnis bank sampah merupakan usaha yang memiliki konsep terbarukan bagi pengumpulan dan pemilahan limbah berdasarkan jenisnya. Dimana yang pada umumnya sampah rumah tangga akan dipilah, lalu disetor, ditimbang, dan dicatat dalam buku tabungan. Sampah yang sudah disetorkan nantinya akan didaur ulang dan diolah kembali menjadi berbagai produk baru siap pakai.

Ide peluang usaha ramah lingkungan tersebut memang termasuk peluang bisnis yang mungkin terlihat sepele. Namun, jika dijalani dengan serius Anda tidak hanya akan mendapat keuntungan, tetapi tanpa disadari turut serta menjaga sekitar. Nah, kira-kira dari 12 rekomendasi ide diatas menurut Anda mana yang paling ingin dicoba?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi kami di : 0821-3250-5553

mitrajasalegalitas@gmail.com