Mitra Jasa Legalitas- Pencemaran lingkungan secara umum disebabkan oleh faktor kemajuan ekonomi dan teknologi yang memberi dampak perubahan melampaui batas toleransi ekosistem. Sehingga lingkungan mengalami peningkatan jumlah polutan yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan alam. Sebab terkontaminasinya komponen fisik dan biologis sistem bumi oleh faktor-faktor tersebut.

Dimana kontaminasi ini dapat terjadi karena dipengaruhi oleh kegiatan manusia maupun proses alam itu sendiri. Seperti peningkatan jumlah penduduk dan eksploitasi sumber daya alam yang tidak terkontrol. Selain adanya perkembangan industrialisasi yang tidak teratur dengan baik. Sebagaimana Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Dampak Bahaya Pencemaran Lingkungan bagi Kehidupan

Adapun bahaya dari pencemaran lingkungan bagi kehidupan yang dapat Anda ketahui terbagi ke dalam beberapa klasifikasi dampak. Mulai dari gangguan keseimbangan lingkungan sehingga pencemaran perairan, untuk ulasan lebih lanjutnya sebagai berikut :

1. Mengganggu Keseimbangan Lingkungan

Dampak pertama yang akan terjadi dari pencemaran lingkungan bagi kehidupan adalah merusak keseimbangan ekosistem alam. Meliputi manusia, hewan, dan tumbuhan yang akan merasakan dampak cukup signifikan. Salah-satu contohnya pencemaran sungai akibat limbah dan sampah yang menyebabkan penumpukan, air keruh, dan bau tidak sedap.

Dampak limbah dan sampah tersebut memiliki potensi besar dalam merusak kualitas lingkungan hidup. Sehingga dapat mengakibatkan ancaman bagi kesehatan, penurunan nilai estetika, dan kerugian ekonomi.

2. Punahnya Flora dan Fauna

Apabila jumlah polutan yang terkontaminasi pada lingkungan meningkat, maka akan ada punahnya sejumlah flora dan fauna. Hal ini karena, pencemaran yang terjadi pada lingkungan sangat mempengaruhi sistem kekebalan masing-masing flora dan fauna.

 3. Tanah Menjadi Kurang Subur

Penurunan tingkat kesuburan tanah bisa berdampak pada kegiatan produktivitas pertanian yang membuat gonjang-ganjing kebutuhan pangan. Alhasil tidak menutup kemungkinan jika setiap tahun akan mengalami kekurangan lahan untuk produktivitas tersebut. Selain keadaan produk hasil panen tidak akan sama juga setiap tahunnya.

Dampak dari penurunan tanah menjadi kurang subur ini diakibatkan oleh penggunaan insektisida yang berlebihan. Apabila penggunaan insektisida tidak sesuai aturan, maka akan menyebabkan pencemaran tanah termasuk mempengaruhi kualitas air di dalamnya. Padahal kebutuhan air di dalam tanah tersebut selalu digunakan untuk kegiatan rumah tangga.

4. Peningkatan Pertumbuhan Hama

Penggunaan insektisida yang berlebih secara tidak langsung memiliki peranan untuk mematikan predator. Dimana ketika predator ini punah maka pertumbuhan hama akan berkembang pesat. Bahkan pertumbuhan hama dapat terjadi secara berlebihan tanpa ada kendali yang tentu saja akan merugikan banyak pihak.

Apabila hama yang muncul itu tidak dapat dikendalikan, kemungkinan terburuknya dapat mengakibatkan bencana alam. Contohnya seperti kelaparan karena manusia tidak mendapat jatah makanan sebab habis dimakan hama sebelum siap dipanen.

5. Menyebabkan Terjadinya Lubang Ozon

Pencemaran yang terjadi pada lingkungan dapat mengakibatkan lubang ozon. Pasalnya ketika ozon sudah semakin menipis sebab pemanasan global lama kelamaan akan menjadi berlubang. Sementara Anda semua tahu bahwasannya lapisan ozon sangat membantu untuk melindungi bumi dari paparan sinar ultraviolet secara langsung.

Namun jika lapisan ozon berlubang, secara otomatis menyebabkan sinar ultraviolet menyinari bumi secara langsung. Dimana hal itu, sangat berbahaya karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Seperti kanker kulit, mematikan binatang- binatang laut, dan lainnya.

6. Terjadi Pemekatan Hayati

Pemekatan hayati merupakan proses peningkatan kadar bahan pencemar yang terjadi melalui tubuh makhluk hidup tertentu. Sebagai amnalgamasiasi yang terjadi seperti pada pencemaran air yang akan menempel pada alga hidup di wilayah perairan tersebut. Ketika alga tersebut dimakan ikan-ikan kecil, tanpa disadari ikan akan terkontaminasi bahan pencemar.

Dimana nantinya ikan-ikan kecil dimakan oleh ikan besar yang secara tidak langsung penyebaran bahan pencemar selanjutnya. Jika ikan- ikan besar ditangkap nelayan dan dimakan oleh manusia alhasil bakteri atau polutan tersebut juga akan masuk ke dalam tubuh manusia.

7. Menyebabkan Keracunan dan Penyakit

Menyebabkan keracunan dan penyakit merupakan lanjutan dari dampak yang disebut dengan pemekatan hayati. Hal ini karena, segala kemungkinan buruk bisa saja terjadi jika manusia mengkonsumsi beberapa makanan berupa hewan atau tumbuhan yang telah terkontaminasi bahan pencemar. Salah-satu diantaranya keracunan atau meninggal dunia dan terserang bibit penyakit.

Kesimpulan

Di era modernisasi saat ini, masalah pencemaran menjadi hal yang semakin memprihatinkan karena perkembangan berbagai faktor. Mencakup aktivitas industri dan manusia yang tidak terkontrol dengan baik, sehingga menyebabkan dampak berlebih. Khususnya bagi keberlangsungan hidup bumi yang sehat akan terancam karena rusaknya ekosistem alam.

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya pencemaran yang memprihatinkan tersebut diperlukan pengendalian. Berkaitan dengan pengelolaan terhadap limbah yang dihasilkan oleh aktivitas manusia dan industri. Hal ini dapat ditetapkan menurut pemberlakuan baku mutu lingkungan berisi cara pengelolaan sampah dan remediasi untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemar.

Selain itu, adanya akses pendukung bagi pendidikan yang bisa membuat kesadaran masyarakat bagi lingkungan lebih peduli. Masyarakat perlu mengetahui tentang pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan lingkungan serta mengubah pola pikir yang salah. Terkait sampah atau limbah tidak memberikan dampak negatif pada lingkungan sekitar.

Dalam rangka berpartisipasi menjaga keberlanjutan hidup dan meminimalisir dampak buruk dari pencemaran. Melalui kerjasama dan komitmen dari seluruh pihak, baik pemerintah, industri, maupun masyarakat. Agar bahaya pencemaran lingkungan bagi kehidupan masih dapat dikendalikan sedini mungkin! Karena lingkungan itu tempat Anda semua berpijak.

Mengingat pentingnya hal tersebut, maka bagi pelaku industri memperoleh sertifikasi AMDAL sangatlah penting. Pasalnya, Jika tidak, maka hal tersebut dapat berpengaruh terhadap Kegiatan industr. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Mitra Jasa Legalitas dapat membantu pengajuan sampai dengan sertifikasi didapatkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi kami di : 0821-3250-5553

mitrajasalegalitas@gmail.com