Mitra Jasa Legalitas- Usaha sewa ruko merupakan salah-satu peluang usaha yang cukup berpotensi Anda coba. Namun, sebelum memutuskan menjalankan usaha tersebut sebaiknya Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal. Bukan hanya memikirkan potensi usaha yang kemungkinan memberi keuntungan. Semisal perencanaan dan tips lapangan yang harus Anda coba rumuskan.

Pasalnya perlu Anda ketahui, bahwa bisnis sewa-menyewa ruko pasti memerlukan biaya yang tidak sedikit, termasuk dana perizinan hingga pemeliharaan. Belum lagi pendapatan yang tidak langsung memberi hasil keuntungan sebanding. Hal ini karena, pada dasarnya usaha sewa properti seperti ruko masuk dalam investasi jangka panjang dengan pendapatan pasif.

Tips Memulai Usaha Sewa Ruko

Adapun tips memulai usaha sewa ruko yang dapat Anda coba terapkan ketika berencana membuka bisnis di bidang ini diantaranya merencanakan strategi dengan matang. Mengingat akan ada banyak kelebihan dan kekurangan  dalam sistem usaha sebagai resiko yang harus Anda waspadai. Untuk itu, berikut ulasan lebih lanjutnya :

1. Memilih Lokasi yang Strategis

Tips pertama yang harus masuk dalam strategi rencana Anda ketika membuka usaha untuk sewa seperti ruko adalah memiliki lokasi strategis. Pilih lokasi ruko yang cukup strategis dan pahami kenaikan harga sewa di area tersebut. Dimana lokasi ini merupakan hal penting yang tidak boleh Anda abaikan jika ingin memulai usaha.

Alasannya karena lokasi dapat mempengaruhi tingkat kenaikan harga dan kestrategisan penjualan. Biasanya ruko yang berada di lokasi strategis dan dekat dengan pusat keramaian banyak dicari oleh orang. Seperti memilih lokasi yang memang berada di pinggir jalan raya atau jalan utama area. Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa akses menuju ruko mudah untuk dicari dan dan ditemukan.

Jangan sampai ruko yang Anda tawarkan justru berada di lokasi sulit akses. Sehingga akan membuat orang-orang berpikir kembali jika ingin menjualnya.  Anda dapat memilih lokasi seperti dekat area perumahan yang mana secara umum kawasan masuk dalam potensi usaha. Jadi tidak heran jika orang-orang pun tertarik untuk menyewa dan dijadikan tempat usaha mereka.

 

2. Mempersiapkan Budget dan Fasilitas Ruko yang Mumpuni

Mempersiapkan budget dan fasilitas ruko yang mempunyai merupakan tips berikutnya setelah Anda memutuskan lokasi. Hal ini karena, Anda dapat memperhitungkan budget sekaligus persediaan fasilitas berdasarkan rate harga di lokasi tersebut. Meskipun pada dasarnya tidak ada hitungan pasti berapa modal yang dibutuhkan untuk membangun ruko.

Namun, secara keseluruhan Anda dapat mempertimbangan atau memperhitungkan perkiraan dana pembangunan ruko. Menyesuaikan besar dan kecilnya bengunan ruko sesuai harga di lokasi, ditambah biaya berbagai fasilitas penunjang lainnya. Perkiraan dana tentu akan membutuhkan modal yang memang lumayan besar, apalagi lokasi ruko berada di area perkotaan.

Oleh karena itu, pastikan Anda membangun ruko dengan memperkirakan aspek-aspek tertentu meliputi fasilitas yang akan menunjang kegiatan usaha. Dalam memastikan terpenuhinya akses seperti saluran air, listrik dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan perawatan ruko yang belum tersewakan. Agar bangunan tetap terjaga kebersihan dan kenyamanannya.

3. Menentukan Jangka Waktu Sewa

Tips ketiga yang tidak boleh Anda lupakan ketika berencana membuka usaha sewa-menyewa ruko adalah menentukan jangka waktu. Berapa lama jangka waktu sewa yang Anda tawarkan kepada penyewa selama itu. Apakah selama satu tahun penuh atau enam bulan sekali. Menentukan jangka waktu sewa akan memudahkan Anda mengatur penyesuaian harga sewaktu-waktu.

Sehingga Anda dapat menentukan atau mengubah tarif sewa per satu atau dua tahun sekali. Dengan mempertimbangkan banyak hal, terutama kenaikan dari harga sewa setiap lokasi. Jadi, Anda pun akan mudah mengakumulasikan keuntungan bersih dari pendapatan sewa termasuk pemeliharaannya sendiri.

4. Menentukan Tarif yang Sesuai

Tips sukses usaha sewa ruko yang keempat dan dapat Anda coba terapkan adalah menentukan tarif sesuai. Anda harus menentukan harga tarif sewa yang wajar sesuai dengan penawaran fasilitas. Ingat, penawaran tarif tidak boleh terlalu tinggi ataupun rendah. Meskipun orang-orang cenderung mudah akan mencari harga sewa yang lebih murah di tempat lain.

Anda dapat menarik simpatisannya dengan cara bernegosiasi. Anda perlu menerapkan tarif tarif yang sekiranya masih dapat ditawar dan tetap memberi keuntungan selama negosiasi bersama calon penyewa. Melalui penjelasan keuntungan atau benefit serta uraian kekurangan bersifat persuasif dan jujur yang harus Anda jelaskan kepada calon penyewa kenapa harus menyewa ruko tersebut.

Selain itu, untuk melakukan perbandingan harga Anda dapat melakukan survey terhadap harga sewa untuk ruko sejenis di lokasi yang sama. Dalam menentukan harga sewa berdasarkan perhitungan sendiri setelah meneliti pasar. Contoh perhitungannya : mengalikan harga dengan capitalization rate (rata-rata capitalization rate adalah 6%-9% per tahun).

5. Gencar Melakukan Promosi

Tips terakhir yang dapat Anda coba terapkan ketika berencana membuka usaha sewa setelah selesai pembangunan ruko yaitu gencar melakukan promosi. Salah-satu tips strategisnya melakukan kombinasi cara marketing offline dan online. Buat banner, baliho, atau browser dengan tulisan ruko ini akan disewakan untuk marketing secara offline.

Sementara untuk marketing online Anda dapat menggunakan media sosial sebagai media promosi. Mulai dari instagram, twitter, facebook, atau join website khusus yang menawarkan sewa ruko.

Tips sewa usaha ruko di atas, dapat menjadi salah satu referensi untuk diterapkan dalam bisnis di bidang tersebut. dari mulai memilih lokasi startegis, menyipakan budget, fasilitas ruko, dan lain sebagainya. Selain itu, pastikan pula Anda telah mempromosikan usaha tersebut kepada khalayk ramai sesuai dengan target market.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi kami di : 0821-3250-5553

mitrajasalegalitas@gmail.com