Mitra Jasa Legalitas- Pentingnya AMDAL diterapkan bagi sebuah industri khususnya di bidang pertanian bukan tanpa sebab dan alasan. Hal ini karena, AMDAL atau Analisis Mengenai Dampak Lingkungan merupakan kajian terkait peraturan yang dapat menunjang proses operasional industri lebih baik. Agar tindakan atau pengendalian terhadap lingkungan dapat digunakan secara optimal, efisien, dan bermanfaat.

Artinya, industri tersebut mampu mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam sebagaimana mestinya. Berkaitan dengan dampak jangka panjang yang mempengaruhi kualitas dari lingkungan hidup tersebut. Apakah industri yang dijalankan akan merugikan manusia dan lingkungannya atau tidak (Parwoto, 1996).

Alasan dan Sebab Pentingnya AMDAL Diterapkan

Pentingnya penerapan AMDAL untuk industri pertanian sendiri sangat erat dengan bentuk keterkaitan antara manfaat dan tujuan. Sebab dan alasan inilah kenapa AMDAL memang diperlukan, berdasarkan pengkajian yang bermanfaat bagi 4 elemen atau objek utama meliputi :

1. Kepemerintahan (Hukum)

Pentingnya penerapan AMDAL yang pertama berhubungan dengan bentuk kebijakan atau hukum pemerintah. Sebagai pemimpin suatu daerah dalam memberi perizinan operasional industri yang memiliki wewenang lebih tinggi dari pihak manapun. Dimana dalam hal ini tentu pemerintah secara tidak langsung sedang menerapkan hukum perlindungan bagi pencemaran lingkungan.

Sebagaimana tujuan dari dasar hukum AMDAL yang salah-satunya termuat dalam Peraturan Pemerintah/PP No.27/1999, UU No.29/1986, dan No.51/1993. Mengenai tujuan dari kajian AMDAL bagi semua industri seperti pertanian yang berdampak besar bagi kelestarian lingkungan.

Otomatis dengan adanya AMDAL pemerintah juga memiliki kewenangan mengatur dan turut-serta memberi tindakan perlindungan hukum bagi suatu usaha. Dalam membantu mencegah kerusakan, pencemaran lingkungan, dan menghindari terjadi konflik atau bencana yang akan membahayakan masyarakat.

2. Keuntungan Pemilik Modal

Alasan dan sebab penting penerapan penting AMDAL bagi industri pertanian yang kedua dilihat dari keuntungan untuk pemilik modal. Contohnya investor atau pihak bank yang mana menjadi pemegang kekuasaan atas modal bagi para pengusaha. Mereka akan mudah memberi pinjaman modal kepada suatu industri seperti usaha pertanian jika sudah menganggap dokumen AMDAL.

Maksudnya, bank atau investor wajib memberi pinjaman modal jika industri pertanian yang memiliki dokumen AMDAL mengajukan. Selain karena alasan profit dari keuntungan yang akan didapat dan kesepakatan bersama.

3. Perlindungan untuk Pemilik Proyek

Alasan dan sebab pentingnya AMDAL untuk industri pertanian yang dapat kamu lihat selanjutnya yakni berdasarkan perlindungan bagi pemilik proyek. Penerapan AMDAL ini akan menjadi kunci keberlangsungan industri pertanian berjalan dengan lancar tanpa harus melanggar peraturan Undang-undang yang berlaku.

Dalam memberikan gambaran atas manfaat, risiko, dan kegiatan yang dikelola. Berdasarkan kondisi lingkungan hidup setempat meliputi biofisik, sosial ekonomi, dan budaya masyarakat di sekitar lokasi. Sebagai bentuk pengkajian secara komprehensif sehingga dapat memperkecil risiko dan kelemahan-kelemahan yang mungkin terjadi.

Contohnya : upaya Smart Farming yang menjadi salah-satu penerapan sistem bagi industri pertanian terkait kelangsungan operasional usaha. Dimana AMDAL perlu menjadi pertimbangan yang sesuai agar penerapan smart farming unggul. Sebagai tujuan yang mengharapkan penghasilan berkualitas bagus sambil menjaga keterjagaan lingkungan itu sendiri.

4. Dampak terhadap Masyarakat

Pentingnya penerapan AMDAL untuk industri pertanian yang keempat melihat dampak dari sisi kehidupan masyarakat. Melalui AMDAL masyarakat dapat mengetahui rencana usaha tentang industri pertanian yang digarap tersebut akan mengganggu atau tidak. Sehingga mereka dapat mengajukan gugatan penolakan kepada pihak yang berwenang jika dirasa cukup mengganggu.

Namun, jika proyek industri pertanian tetap harus dijalankan maka AMDAL bisa menjadi fungsi yang menengahi. Sebagaimana peraturan yang tertulis dalam dokumen AMDAL. Seperti contoh kesepakatan pengelolaan limbah dari industri pabrik Nata De Coco yang harus memiliki tempat tersendiri. Artinya, limbah tidak boleh dibuang sembarangan ke sungai yang dekat dengan pemukiman warga.

Tujuan AMDAL

Adapun tujuan dan jenis AMDAL yang dapat kamu ketahui diantaranya terbagi ke dalam struktur bagian tersendiri. Mulai dari tujuan AMDAL yang berfungsi sebagai bukti tanggung jawab pelestarian lingkungan bagi generasi selanjutnya. Melalui jaminan peraturan yang tercatat dalam AMDAL untuk mewujudkan lingkungan hidup berkualitas.

Apalagi sektor pertanian yang menjadi bidang industri paling vital, sebab akan selalu diperlukan oleh semua makhluk hidup. Oleh karena itu, tujuan AMDAL juga untuk menjaga dampak lingkungan yang berbahaya bagi masyarakat dengan membentuk keseimbangan. Antara pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya alam serta populasi masyarakat setempat yang dapat diperbaharui dan didaur ulang.

Jadi, secara keseluruhan tujuan dari adanya kajian AMDAL sudah pasti untuk meninjau dampak industri pada lingkungan atau bumi. Sekalipun bidang industri pertanian sebagian besar berasal dari lingkungan yang mungkin kamu pikir serupa. Padahal pada dasarnya manusia dan lingkungan itu berbeda yang hanya saja harus terbentuk dalam suatu keseimbangan alam

Apabila keseimbangan tersebut tidak menyatu, kamu dapat melihat dan menilai secara pribadi bagaimana akibatnya. Dengan demikian, pentingnya AMDAL bagi suatu industri, terkhususnya pertanian memang tidak serta-merta begitu saja.

Ada sebab alasan dan akibat yang mendasari penerapan AMDAL sebagai upaya pedoman pencegahan, pengendalian, dan pemantauan dampak lingkungan hidup. Baik yang berkaitan dengan pemerintahan (hukum), keuntungan pemilik modal, perlindungan bagi pemilik proyek, dan dampak terhadap masyarakat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi kami di : 0821-3250-5553

mitrajasalegalitas@gmail.com