Jenis-Jenis Standar ISO – Di jaman yang semakin maju ini, banyak perusahaan yang menghasilkan suatu produk sesuai dengan permintaan dan harapan para pelanggan mereka. Sehingga dalam melakukan hal tersebut, perusahaan terkadang akan melakukan beberapa rangkaian standar tertentu agar bisa mempertahankan tujuan dari perusahan tersebut. 

Terkadang, banyak perusahaan yang menggunakan serangkaian proses bisnis QMS atau yang lebih dikenal dengan sistem manajemen mutu dalam memenuhi harapan dan tuntutan pelanggannya. 

Selain itu, banyak pula perusahaan yang bisa mendokumentasikan prosedur, proses, dan tanggung jawab dengan harapan agar bisa mencapai tujuan dengan memanfaatkan QMS. Untuk itu, agar bisa mencapai tujuan tersebut terdapat berbagai standar QMS yang digunakan di seluruh dunia, salah satunya standar sertifikasi ISO.

Baca Juga : Proses Pengajuan dan Persyaratan Sertifikasi ISO

Jenis-Jenis Standar ISO

Ternyata sertifikasi ISO memiliki beberapa jenis yang bisa diterapkan dalam dunia bisnis. Berikut ini jenis-jenis standar ISO yang paling umun diterapkan dalam dunia bisnis, antara lain:

1. ISO 9001

Jenis pertama adalah Standar ISO 9001. Pada jenis ini dirasa  sangat bermanfaat dalam dunia industri manufaktur. Adapun pada standar ISO jenis ini akan sangat membantu produk serta layanan dalam mengidentifikasi dan mendokumentasikan. Selain itu juga dapat membantu dalam meningkatkan sistem agar memenuhi kebutuhan dan kepuasan para pelanggan, yaitu seperti:

  • Menjamin kualitas dan mutu produk agar sesuai dengan standar global
  • Standar keamanan yang memadai dan cukup
  • Proses manufaktur yang sangat ramah lingkungan
  • Efisiensi produksi yang sesuai dengan keinginan
  • Spesifikasi dari segi dimensi dan fungsional

2. ISO 28000

ISO 28000 adalah jenis standar internasional ISO yang menetapkan dan juga membahas terkait dengan persyaratan Sistem Manajemen Keamanan dalam rantai pasok ataupun pada aspek-aspek yang diterapkan. Selain itu juga bisa membantu di lingkup organisasi dalam menilai ancaman keamanan dan juga mengelolanya ketika muncul dalam rantai pasokan mereka. 

ISO jenis ini akan sangat berguna dan membantu organisasi dalam menentukan dibutuhkannya langkah keamanan yang sesuai, tepat dan bisa untuk  melindungi properti mereka dari berbagai ancaman yang diluar kendali.

3. ISO 50001

Jenis ISO 50001 ini sebagai standar yang bermanfaat secara internasional dengan  menetapkan persyaratan untuk organisasi dalam melakukan pengembangan, pengimplementasikan, dan peningkatan pada Sistem Manajemen Energi. Perusahaan yang menggunakan jenis ISO 50001,  maka sebuah organisasi harus membuat kebijakan baru dalam penggunaan energi yang dirasa lebih efisien.

4. ISO 14001

ISO 14001 adalah salah satu jenis ISO standar internasional yang diakui dalam penetapan persyaratan bagi organisasi yang ingin meningkatkan kinerja. Selain itu juga untuk meningkatkan efisiensi operasional suatu perusahaan.

5. ISO 22000

ISO 22000 adalah jenis ISO standar dunia internasional yang sudah diterima secara global. Jenis ISO ini diterima oleh perushaan yang ingin memenuhi persyaratan untuk sistem manajemen keamanan pangan. ISO 22000 awal didirikan pada tahun 2005 dan berlaku bagi semua organisasi yang sudah ikut terlibat dalam sebuah rantai makanan, dalam usaha untuk memastikan adanya ketersediaan pangan. Standar ISO jenis ini akan menguraikan kerangka kerja yang menyesuaikan pada semua bagian dari rantai pasokan pangan sampai pengendalian risiko serta mencegah terjadinya kontaminasi.

6. ISO/IEC 27001

ISO/IEC 27001 adalah jenis standar internasional ISO yang paling umum diterapkan dalam dunia bisnis dan untuk menetapkan spesifikasi dalam sistem manajemen keamanan suatu informasi. 

ISO jenis ini mampu membantu suatu organisasi dalam pengelolaan keamanan informasi mereka dengan cara menangani orang-orang, proses, dan teknologi. ISO jenis 27001 disebut sebagai kerangka kerja yang dipakai untuk menerapkan, membangun, memantau, mengoperasikan, memelihara, meninjau, dan terus meningkatkan sistem manajemen di bidang keamanan informasi.

7. ISO/IEC 17025

Jenis-jenis standar ISO yang paling umum diterapkan dalam dunia bisnis yang terakhir adalah ISO 17025. Sertifikasi ISO pada jenis ini adalah salah satu standar bagi tiap perusahaan yang mempunyai persyaratan lembaga pengujian. Adapun lembaga pengujian yang dimaksudkan misalnya laboratorium jenis standar.

Pada jenis ISO / IEC 17025 akan memungkinkan laboratorium dalam menunjukan kompetensi yang menghasilkan hasil yang tepat dan valid, dan bisa meningkatkan kepercayaan pada pekerjaan mereka baik secara nasional atau bahkan di seluruh dunia.

Baca Juga : Keuntungan Sertifikasi ISO Bagi Perusahaan

Dengan memahami jenis-jenis ISO ini tentunya bisa memudahkan para perusahaan yang akan bersaing secara global agar bisa mempersiapkan serta memperhatikan hal-hal yang dibutuhkan dan diperlukan untuk menerapkan standar ISO yang tepat. Sebab, di segala bidang tentunya akan mempunyai dan membutuhkan jenis ISO yang pasti berbeda-beda, karena memang semua standar terhadap perusahaan tidaklah sama dan pasti akan beda. 

Demikian artikel seputar Jenis-jenis standar ISO yang paling umum diterapkan dalam dunia bisnis. Untuk informasi lebih lengkap dan jelasnya, Anda bisa mengunjungi laman https://mitrajasalegalitas.com/. Pada Mitra Jasa akan membantu memudahkan perusahaan Anda dalam memilih jenis ISO yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi kami di : 0821-3250-5553

mitrajasalegalitas@gmail.com