Proses Pengajuan dan Persyaratan Sertifikasi ISO – Dewasa ini, kualitas produk tengah dijadikan sebagai jaminan utama bagi tiap perusahaan dengan tujuan agar bisa tetap tumbuh dan mempunyai daya saing kuat. Untuk itu, perusahaan perlu mempunyai standar kerja internasional agar bisa terus menjaga dan meningkatkan kualitas produk dan peforma perusahaan.

Adapun salah satu standar internasional yang banyak dikenal dan berlaku secara global adalah ISO. Adapun ISO ini telah menerbitkan berbagai standar pada banyak sektor perusahaan. Selain itu, ISO juga menjadi standar yang harus dimiliki oleh para perusahaan agar bisa bersaing di pasar internasional. 

Jika perusahaan Anda tertarik menerapkan sertifikasi ISO, maka Anda bisa menyimak tentang proses pengajuan dan persyaratan Sertifikasi ISO  pada artikel ini.

Baca Juga : Keuntungan Sertifikasi ISO Bagi Perusahaan

Mengenal ISO

The International Organization for Standardization atau disingkat menjadi ISO, yaitu lembaga non-pemerintah yang mempunyai keanggotaan lebih dari 160 negara dan mempunyai kewenangan dalam menetapkan standar. Penetapan standar ini meliputi sistem, produk/jasa agar bisa menjaga kualitas, keamanan serta efisiensi. 

Adapun tujuan dari keberadaan ISO adalah untuk membantu perusahaan sehingga bisa menjadikan bisnis yang dikelola suatu perusahaan bisa berjalan secara konsisten sesuai dengan standar yang tepat dan sesuai yang diharapkan.

Saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan besar yang telah menerapkan standar ISO. Meski standar ISO ini tidak wajib diterapkan pada perusahaan, namun jika ada perusahaan yang menerapkan ISO maka akan mendapatkan sertifikasi yang dijadikan sebagai bukti bahwa kualitas produk dalam suatu perusahaan itu telah dijalankan sesuai standr internasional.

Ketahui Manfaat ISO

Dalam penerapan standar ISO, tentunya perusahaan akan lebih banyak merasakan dan mendapatkan manfaat dari penerapan ISO tersebut, terlebih lagi pada penetapan standar kerja yang komprehensif.

Sebelum mengetahui proses pengajuan dan persyaratan Sertifikasi ISO, berikut manfaat ISO yang harus diketahui, antara lain :

1. Standarisasi

ISO pada dasarnya mempunyai tujuan, yaitu untuk membantu perusahaan dalam memiliki standar kerja yang tepat. Standar kerja ini mulai dari sistem kerja, operasional, produksi sampai dengan pengelolaan sumber daya manusia atau bahkan sumber daya energinya. Adapun penetapan standar ini penting dalam menjaga konsistensi produk untuk menciptakan performa bisnis yang kian meningkat.

2. Jaminan Kualitas

ISO lebih berfokus dalam hal menjaga konsistensi kualitas produk perusahaan dengan berbagai standar yang sudah diterapkannya. Terlebih lagi pada penetapan standar ISO yang berlaku secara internasional. Hal ini menjadikan jaminan kualitas produk perusahaan pun juga bisa bersaing di pasar global.

3. Kredibilitas

Pada Sertifikasi yang diperoleh dari ISO bisa untuk meningkatkan kredibilitas suatu perusahaan sebab standar serta sistem kerjanya sudah dijalankan atas dasar standar internasional. Sehingga sertifikasi ISO ini akan memberikan citra yang lebih positif bagi perusahaan di mata publik.

4. Efisiensi

ISO telah menerapkan adanya standar yang menyusun konsep kerja dengan lebih efisien, mulai dari aspek waktu, biaya serta segi sumber dayanya. Sehingga menghasilkan perusahaan yang mampu meminimalisir potensi pemborosan dengan adanya sistem kerja yang jauh lebih efisien.

5. Produktivitas

Selain menjadikan standar kerja perusahaan menjadi lebih efisien, ISO juga akan membantu perusahaan agar menjadi lebih produktif. Khususnya dalam peningkatan kualitas kinerja para karyawan perusahaan. Sebab sistem kerja akan dilakukan sesuai dengan standar yang sama, jadi kinerja perusahaan dapat jauh lebih optimal serta produk-produk yang dihasilkan lebih memuaskan.

6. Relasi Global

Nyatanya, Perusahaan yang sudah mempunyai sertifikasi ISO dirasa jauh lebih mudah dalam menjalin hubungan kerja sama dengan perusahaan lain atau dengan berbagai relasi, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Karena,  sebuah perusahaan yang sudah memiliki standar ISO yang berlaku secara internasional, akan lebih mudah dalam berkolaborasi membuat produk bersama dan lain sebagainya.

Proses Pengajuan dan Persyaratan Sertifikasi ISO

Jika perusahaan Anda tengah tertarik untuk menerapkan standar ISO, maka Anda bisa menyimak proses pengajuan dan persyaratan yang dibutuhkan.

Untuk persyaratannya, biasanya yang dibutuhkan, yaitu : 

  • Hasil audit internal 
  • Catatan hasil desain dan pengembangan 
  • Hasil tinjauan manajemen, dll

Untuk alur proses pengajuan sertifikasi ISO, antara lain sebagai berikut :

  1. Mengajukan permohonan untuk pengajuan penerapan sertifikasi ISO
  2. Melengkapi beberapa berkas, seperti kuesioner permohonan dan dokumen 
  3. Asesmen yang dilakukan oleh badan sertifikasi yang sudah diangkat
  4. Tunggu permohonan sertifikasi ISO disetujui
  5. Pengawasan audit dalam jangka waktu kurang lebih selama 6-12 bulan
  6. Penerbitan Sertifikasi ISO bagi perusahaan pendaftar

Selama proses pengajuan dan persyaratan Sertifikasi ISO akan berlangsung secara ketat, dan tak jarang banyak pula perusahaan gagal apalagi saat proses audit. Karena perusahaan yang ternyata belum memenuhi syarat yang dibutuhkan agar bisa menerapkan standar ISO yang telah berlaku secara internasional.

Baca Juga : Apa Itu ISO dan Apa Saja Jenis-Jenis Sertifikasi ISO yang Tersedia

Jadi, agar pengajuan ISO perusahaan bisa berhasil dan berjalan dengan lancar, maka harus mempersiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan dengan teliti dan benar. 

Demikian artikel yang memberikan informai seputar proses pengajuan dan persyaratan Sertifikasi ISO. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi kami di : 0821-3250-5553

mitrajasalegalitas@gmail.com