Sertifikat ISO seringkali diperlukan oleh suatu perusahaan ketika akan merekrut karyawan. Selain itu, ISO memiliki peran yang sangat penting di suatu perusahaan. Namun, tahukah Anda apa itu ISO dan keuntungannya bagi perusahaan?

Apabila masih belum mengetahuinya, sebaiknya Anda membaca artikel kali ini yang akan membahas mengenai ISO. Mulai dari pengertian hingga keuntungan sertifikasi ISO bagi perusahaan.

Baca Juga : Apa Itu ISO dan Apa Saja Jenis-Jenis Sertifikasi ISO yang Tersedia

Apa Itu ISO?

ISO merupakan singkatan dari International Organization for Standardization. ISO merupakan sebuah badan non-pemerintah yang bersifat internasional yang mengenbangkan serta menerbitkan berbagai standar dalam ranah industri, komersial, maupun epemilikan.

Perlu diketahui bahwa organisasi ISO ini telah didirikan di Jenewa, Swiss, pada tahun 1947. Walaupun begitu, hingga kini ISO masih menjadi salah satu satuan standar yang harus diterapkan di industri maupun perusahaan-perusahaan besar.

ISO bekerja sebagai organisasi standar nasional dan berkolaborasi dalam kegiatan pengembangan dan promosi standar internasional. Berikut merupakan ranah yang menerapkan ISO.

  • Layanan kesehatan dan keamanan
  • Transportasi
  • Produksi
  • Pengelolaan lingkungan
  • Permasalahan sosial
  • Kondisi kerja
  • Proses pengujian ilmiah
  • Teknologi

ISO menerbitkan sertifikat sebagai bukti bahwa seseorang maupun kelompok telah mampu menerapkan standar internasional yang berlaku. Sertifikat standardisasi ini menjadi dasar kepercayaan antara klien dalam sebuah urusan bisnis.

Tidak hanya itu saja, sertifikat ISO juga menjadi salah satu pembuktian bahwa suatu pihak maupun perusahaan, telah mempunyai komitmen terhadap pentingnya tu7juan bisnis, kepuasan pelanggan, serta kualitas produksi.

Keuntungan Sertifikasi ISO

Keuntungan Sertifikasi ISO Bagi Perusahaan

Bagi perusahaan bisnis, sangat penting untuk memiliki sertifikasi ISO. Hal ini karena memang ISO mempunyai sejumlah manfaat bagi perusahaan. Langsung saja simak keuntungan sertifikasi ISO bagi perusahaan berikut ini.

1. Meningkatkan Integritas Perusahaan

Pertama, yaitu meningkatkan integritas perusahaan. Apabila perusahaan memiliki sertifikasi ISO, maka konsumen akan tertarik dan tidak akan memiliki perasaan ragu saat akan membeli suatu produk dari suatu perusahaan.

Hal ini karena dengan adanya sertfikasi ISO, menunjukkan bahwa perusahaan atau produsen tersebut memang telah berkomitmen dalam menjunjung kualitas. Selain itu, sertifikasi ini juga tentunya sebagai bentuk kepercaaan kepuasan konsumen terhadap produk yang menaikkan integritas perusahaan.

2. Mudah Untuk Memenangkan Persaingan Pasar

Sertifikasi ISO merupakan standardisasi yang wajib dimiliki oleh suatu perusahaan di seluruh dunia. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan dan meyakinkan konsumen bahwa produk yang diproduksi tersebut mempunyai kelayakan dan kualitas yang baik.

Selanjutnya, ini juga membuat perusahaan atau merek yang telah memiliki sertifikat ISO lebih mempunyai berpeluang untuk memenangkan persaingan di pasar global. Selain itu juga telah memiliki jaminan untuk kualitas produk yang dijamin oleh ISO.

3. Jaminan Kualitas

Selanjutnya adalah jaminan kualitas. Kualitas produk menjadi acuan mengapa konsumen tidak ragu untuk mengonsumsi atau menggunakan kembali produk tersebut. Itu menjadi salah satu manfaat positif ketika produk telah sesuai dengan standar ISO.

Hanya saja, untuk mendapatkannya, perusahaan harus melalui proses yang tidak singkat. Proses ini bisa disebut dengan PDCA atau identifikasi, analisis, dan eksekusi sebuah penyelesaian.

4. Hemat Biaya

Ketika standar ISO sudah diterapkan pada perusahaan, maka tentunya akan sangat mudah bagi perusahaan untuk tanggap dan cepat dalam hal melakukan evaluasi kinerja karyawan.

Apabila ada produk yang diperkirakan gagal, maka perusahaan bisa dengan cepat memperbaiki atau mengganti dengan produk yang baru. Keuntungan lainnya juga Anda sebagai pelaku usaha tidak perlu mengalami pemborosan anggaran karena sistemnya telah dibentuk sejak awal.

5. Meningkatkan Citra Perusahaan

Terakhir yaitu meningkatkan citra perusahaan. Salah satu keuntungan yang pasti akan Anda dapatkan apabila telah menerapkan ISO di perusahaan ialah citra perusahaan yang menjadi lebih baik. Selain itu, engagement perusahaan kepada konsumen juga tentunya akan jauh lebih baik.

Apabila perusahaan maupun industri memiliki sejumlah sertifikasi yang dibutuhkan, tentu citra perusahaan menjadi sangat bagus. Konsumen pun tidak ragu untuk melakukan pembelian berulang kali, karena telah percaya bahwa perusahaan tersebut memang sudah menerapkan standar-standar yang berlaku.

Standar Kelulusan Memperoleh Sertifikat ISO

Terdapat 3 faktor yang menyebabkan perusahaan tidak mendapatkan sertfikasi ISO, yaitu Temuan Majeure, Temuan Minor, dan Observasi. Dari ketiga temuan tersebut, temuan minor dan observasi bukan faktor penting kegagalan memperoleh sertifikasi ISO. Hanya saja, kedua temuan tersebut memang membutuhkan perbaikan kecil agar lebih baik.

Itu dia pembahasan mengenai apa itu ISO dan keuntungannya bagi perusahaan. Tidak hanya berguna bagi perusahaan, bagi karyawan yang memiliki sertifikasi ISO pekerja juga tentunya dapat meningkatkan kepercayaan perusahaan atas kinerja yang diberikan karyawan kepada perusahaan tersebut.

Baca Juga : Persyaratan dan Dokumen yang Diperlukan Dalam Pengajuan Perizinan Berusaha Melalui OSS

Sebagai pemilik usaha maupun perusahaan, sudah seharusnya Anda memperhatikan standar-standar yang memang diperlukan. Selain itu, sudah seharsnya perusahaan memang menerapkan standar-standar yang sudah seharusnya untuk dilakukan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi kami di : 0821-3250-5553

mitrajasalegalitas@gmail.com